Kamis, 24 Mei 2012

Tips Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi



Tips Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi
Para pelajar kelas XII telah menyelesaikan studinya di bangku sekolah. Pastinya sebagian besar mempunyai impian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adanya Undang Undang Badan Hukum Pendidikan yang dituduh mahasiswa bakal membuat biaya kuliah di PTN melejit, diprediksi tidak akan mengurangi minat para lulusan SMA untuk mencoba menembus PTN. Pastinya, PTN Favorit yang paling diincar seperti UI, ITB, UGM, USU dan lain-lain. Nah, karena banyak yang mengincar tentunya pesaing juga banyak. Kalau persiapan kita kurang matang, bisa-bisa impian kuliah di PTN Favorit sirna. Berikut tips dalam mengikuti seleksi masuk PTN:
1.      Persiapkan kemampuan akademik dengan banyak latihan soal-soal SPMB dan UMPTN. Minimal mengulang soal-soal sampai 5 tahun ke belakang. Karena tipe soal yang keluar tiap tahun tidak akan jauh berbeda.
2.      Persiapkan mental. Dekatkan diri kepada Tuhan YME, banyak berdoa, beribadah, dan beramal. Junjung tinggi prinsip Hope for the best, prepare for the worst (Berharap untuk yang terbaik, bersiap untuk yang terburuk).
3.      Jaga kondisi tubuh. Makan makanan bergizi, minum air putih minimal 8 gelas sehari, olahraga, dan istirahat 6-8 jam sehari.
4.      Optimis dan berpikiran positif. Jangan lupa tetap realistis untuk menentukan pilihan jawaban yang menurut kita benar.
5.      Berhenti belajar pada H-2. Belajar dari 3 bulan sebelum ujian dilaksanakan cukup ideal. H-2 mending jalan-jalan ke mall, H-1 baca cepat (mengulang) dengan santai.
6.      Jangan biarkan perut kosong sebelum ujian.
7.      Kerjakan ujian dengan rileks. Setelah ujian selesai jangan dibahas dulu, mending baca-baca untuk persiapan hari ke-2. Bahas soal ujian setelah ujian hari ke-2 selesai.
8.      Ikhlas dan realistis. Kalo semua daya upaya sudah dikerahkan, tinggal kita tunggu hasilnya saja.

Selamat mencoba!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar