Kamis, 24 Mei 2012

Mengatasi Jenuh Dalam Belajar



Tips Mengatasi Jenuh Saat Belajar
1.      Lantunan Musik.
Mendengarkan musik sementara kamu mengerjakan tugas atau sekadar belajar untuk kuis esok hari bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan menjaga mood baikmu. Pilihlah musik favoritmu, baiknya jangan pilih aliran musik yang keras. Ingat, kamu sedang belajar, bukan sedang santai atau tengah dirudung kegalauan.
2.      Perpustakaan.
Bukan karena perpustakaan yang ditujukan untuk belajar saja, namun kamu bisa mendapatkan ketenangan di sana. Pilih tempat strategis yang kiranya bisa memudahkanmu mengambil buku. Suasana perpustakaan dipercaya bisa meningkatkan mood belajarmu.
3.      Belajar lebih awal dan teratur.
Belajar lebih awal maksudnya yaitu kamu sudah mempelajari materi lebih dulu sebelum materi yang disampaikan oleh guru. Keuntungannya, kamu bisa menanyakan pada guru, hal apa yang membuatmu bingung. Selain itu, kamu bisa memahami sesuatu lebih cepat dibanding lainnya, dengan begitu, tantangan semacam kuis atau ulangan lewat begitu saja.
4.      Pilih teman belajar.
Percaya atau tidak, mood belajar acap kali dipengaruhi teman. Untuk itu, kamu harus bisa memilih teman untuk mendukung kegiatan belajarmu. Pilih yang kiranya enak diajak diskusi, ramah, dan kritis terhadap materi.
5.      Bersenang-senang dalam belajar.
Anggap belajar itu sebagai pengalaman yang seru, biasanya kebosanan melanda ketika guru atau materi mata pelajaran tidak menarik untuk kamu. Untuk itu, kamu perlu memotivasai dirimu untuk tetap tertarik dengan apa yang kamu jalani. Bersenang-senang saja dengan materi pelajaran yang mungkin membuatmu bosan dengan cara membuat kuis dengan teman-teman seusai kelas, atau anggap guru sedang melakukan dialog suatu pertunjukan dengan membrikan materi.




Sumber :
3.      http://lenteratungkal.blogspot.com/2010/12/faktor-penyebab-dan-cara-mengatasi.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar